Bangun Toko Tani Maluku di Ambon

Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Provinsi Maluku dalam waktu dekat akan membangun Toko Tani Centre (TTC) di kota Ambon. Pembangunan TTC ini dilakukan untuk menjawab kendala pemasaran sekaligus memotong rantai pemasaran produk pangan yang dihasilkan petani di Provinsi Maluku.

Lokasi TTC ini akan dipusatkan di gedung bekas milik Bappeda Maluku yang berada di kawasan Kebun Cengkeh, Ambon. 

“Intinya pendirian TTC yang akan kita lakukan dalam waktu dekat ini bertujuan  mengstabilkan harga pangan lokal yang diproduksi petani di Maluku. Lebih khusus lagi sebagai upaya menjembatani penyaluran produksi pertanian yang kini dikelola sejumlah sentra bisnis yang dibentuk program SOLID di sejumlah kabupaten,” demikian disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Maluku Ir.  Z. Sangadji  kepada Beritabeta, di Ambon, Senin (17/09/18).

Dikatakan, konsep TTC yang akan dibangun memang menjadi sebuah keharusan bagi Maluku. Pasalnya, konsep ini sudah lebih dulu dikembangkan di sejumlah daerah di Indonesia. Dan tahun ini melalui APBD Maluku, DKP kebagian dana untuk mendirikan TTC ini, sehingga diharapkan ada serapan PAD dari kegiatan ini.

“Tahun ini kita memulai konsep ini dengan APBD Maluku. Meski terbilang masih minim soal alokasi yang disiapkan, namun kita berharap konsep ini bisa menjawab keluhan-keluahan petani kita terkait stabilitas harga pangan yang dihasilkan selama ini,”tandas Dek Sangadji sapaan akrab Kadis DKP Maluku.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*